02 Agustus 2008

Jum'at Ceria


Bagi umat Islam hari jum'at adalah hari istimewa, sayyidul Ayyam, dimana begitu banyak kelebihan-kelebihan terdapat di dalamnya.

Dimulai kamis malam, selepas maghrib masjid & musholla mengumandangkan yasin, tahlil, dan tahmid sampai isya menjelang, dan tak lupa, malamnya bagi umat yang sudah berumah tangga merupakan malam ibadah dimana ibadah hubungan jasmani dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Saya pribadi begitu exciting ketika hari kamis datang, "wah besok jum'at ya" ... rangkaian ibadahnya cukup sederhana pagi sebelum sholat jum'at potong kuku tangan, kaki, rapihkan kumis, jenggot dan bulu-bulu lainnya lanjut dengan mandi sunnah jum'at.

Sampai di Masjid, setelah baca do'a masuk masjid, saya berniat ber i'tikaf di dalam masjid (hakikatnya mulai duduknya kita di masjid, mendengarkan khutbah, sampi selesai sholat ju'm'at kita sedang duduk ber i'tikaf di dalam masjid, itu yang kyai saya ajarkan) sambil menunggu adzan berkumandang istighfar ya ghoffar 100 x mudah-mudahan dengan me wiridkan salah satu Asmaul Husna tsb, dosa kami di ampuni.

Setelah adzan berkumandang di mulailah rangkaian khutbah tapi bagi kita yang mengamalkan syariat tidak lupa untuk memperhatikan syarat sah dan rukun sholat jum'at itu sendiri.

Selesai sholat sebelum kaki berubah saya membaca Surat Fatihah, Al Falaq, An Nass, Al Ikhlas + Do'a Abu Nawas (Ilahilastulil Firdausi Ahlaa Walaa Akwal 'Alan Naaril Jahiymi ..... ) semuanya 7 x . Insya Allah Berkah rezeki Dunia Akhirat.

Pulang dari masjid waktunya istirahat persiapan acara nanti sore di pesantren ...

Adzan Ashar berkumandang setelah menunaikan sholat segera saya, istri dan anak berangkat ke Pesantren tidak jauh dari rumah, Jam 4 wirid bersama di mulai, wirid Haylalah, pembacaan Lailahaillallah 1000 x dan Asma Allah 1000 x, di lanjut dengan rangkaian do'a-do'a, setelahnya kami makan bersama biasanya di hidangkan Nasi Kebuli.

Adzan Magrib berkumandang, biasanya kami pulang dahulu ...

Adzan Isya berkumandang lagi, rangkaian kegiatan masih berlanjut, setelah sholat kami kembali ke pesantren.

Pesantren mengadakan pengajian umum, saat ini masih membahas 2 kitab, Bulughul Marom dan Riyadlus Sholihin, pengajian kitab kuning ini dilakukan dengan cara pembacaan kitab dan penjelasan secara lugas di sertai penjelasan tasawuf nya ...

Pengajian selesai jam 21.30 ...

Tak ada lelah dan penyesalan seharian meninggalkan pekerjaan, yang ada rasa puas dan bahagia bathin yang tak terkira.

Saatnya pulang dan istirahat, smoga masih di berikan umur oleh Allah untuk bertemu jum'at selanjutnya, jum'at yang ceria.

2 komentar:

faisol mengatakan...

terima kasih sharing info/ilmunya...
saya membuat tulisan tentang tidur ketika khutbah Jum'at...
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/hidup-ini-memang-penuh-kelucuan.html

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/

faisol mengatakan...

terima kasih sharing ilmunya...
saya membuat tulisan tentang "Bagaimana Menjadi Khatib Efektif?"
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/bagaimana-menjadi-khatib-efektif-1-of-2.html

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/