22 Desember 2007

Ciri Khas Bisnis Anda

Semakin memfokuskan diri melakukan satu upaya saja dengan baik, semakin besar kemungkinan sukses yang bakal Anda raih. Fokus juga mendongkrak Anda dari pedagang barang atau layanan apa adanya ke tingkat sebuah merek. Sebagai sebuah merek, anda memperoleh rasa hormat pembeli atas keahlian Anda dalam bidang tertentu. Karena keahlian yang Anda miliki, kemungkinan besar pembeli mencoba produk baru Anda dan kemungkinan besar juga akan mengulangi pembelian atas produk atau layanan Anda. Yang juga penting untuk diperhatikan, sebagaimana yang sudah dijelaskan di muka, pembeli lebih bersedia mengeluarkan banyak uang kepada seorang ahli.

Nilai merek yang Anda miliki senantiasa berubah. Setiap kali seorang pembeli membangun hubungan dengan perusahaan Anda, persepsinya tentang merek Anda bisa naik atau turun.

Semakin jelas dan terus terang kelebihan produk Anda, semakin besar kemungkinan Anda membangun sebuah posisi merek dalam benak pembeli. Dalam dunia otomobil, ada banyak merek; tetapi, hanya ada sedikit merek terkenal yang memiliki asosiasi dengan satu manfaat.

Merek Mobil Berorientasi Manfaat
o BMW – berkendara
o Volvo – keamanan
o Mercedes – mesin
o Toyota dan Honda – keandalan
o Ferrari – kecepatan
Bandingkan merek-merek di atas dengan kendaraan seperti Ford, Chevrolet,dan Chrysler, yang merupakan mobil umum untuk semua kalangan.

Cermati bisnis Anda. Ketika pembeli mendengar nama perusahaan Anda, apa kesan utama yang muncul dalam benak mereka? Kesan utama apa yang Anda inginkan muncul dalam benak seseorang? Jawaban atas pertanyaan kedua adalah Manfaat Nyata Produk Anda.

Di Cincinnati, ada seseorang pria yang mengerti fokus. Namanya, Ken Eilers. Dia adalah “manusia kaca”. Dia memperbaiki kaca gedung. Dia tidak memperbaiki pintu, jendela atau kusen jendela. Ken dan perusahaan unik screen mobile miliknya hanya memperbaiki kaca. Menurut Ken konsepnya sederhana saja: “saya tak ingin membandingkan diri dengan seorang ahli bedah otak. Akan tetapi, jika Anda hanya mengerjakan satu bidang, Anda cenderung menjadi seorang ahli.” Atas keahlianya, untuk memakai jasa Ken, pelanggan harus memesan berbulan-bulan sebelumnya.

Demikian sebagian kutipan isi dari buku Doug Hall, ilmu pasti bisnis

Dapatkah kita membangun dan menjalankan bisnis seperti itu, memfokuskan bisnis pada keahlian kita, kalaupun suatu saat bisnis yang telah terfokus tersebut sudah benar-benar berhasil dan sukses, mungkin selanjutnya kita dapat berekspansi memperluas jaringan usaha kita dalam bentuk “fokus” yang lain.

The power of Mind Share


“Inti dari penguasaan pasar adalah bagaimana kita menguasai benak konsumen. Tidak mengherankan apabila seringkali ditekankan bahwa positioning yang sebenarnya bukanlah pada posisi produk di pasar, tetapi pada posisi produk dalam benak konsumen. Bagaimana kita ingin diingat oleh konsumen, itu yang menjadi inti dari penguasaan mind share

(Marketing Muhammad, strategi andal dan jitu praktik bisnis Nabi Muhammad SAW, Thorik Gunara, Utus Hardiono Sudibyo, penerbit Madani Prima)

Saya selalu menekankan anak-anak bengkel untuk memberikan pelayanan maksimal pada setiap CPU yang kami terima untuk di servis baik berupa hardware maupun software nya, beberapa contohnya kami selalu membersihkan hardware diservis, bagian dalam dan bagian luarnya (casing) tanpa di minta, baik kotoran, debu dan lainnya, kadang kami mencuci cpu tersebut, dari segi software (terutama windows user) kami men setting system agar nyaman di pakai seperti registry nya, virtual memory, tampilan dan kerapihan nya, untuk pengguna muslim apabila spesifikasi hardware nya mencukupi kami selalu memberikan islamic program seperti Al qur’an 30 juz dan software-software lainnya. Untuk masalah biaya kami menyamakan dengan tempat-tempat servis lain di sekitar kami.

Ketika kami membantu beberapa kantor yang memakai jasa kami, kami selalu berusaha untuk tidak membuat beku suasana, tidak membuat batasan antara Teknisi dan User, kami selalu berusaha untuk memancarkan sifat bersahabat dan sifat kekeluargaan tentu saja dengan kadar yang pas dan proporsional.

Tak jarang kami sering kali di percaya oleh kantor-kantor yang kami maintenance, apabila kami request untuk lembur atau mengerjakan di hari libur dengan maksud tidak mengganggu aktivitas kantor apabila kami mengerjakan pada jam kantor, kami sering di percayakan untuk memegang kunci kantor, atau sekedar office boy yang menemani.

Kami memang berusaha maksimal memberikan pelayanan kepada client seperti Dokter Komputernya Pak Iim (TDA IT) Cuma bedanya usaha kami masih dalam level dan skala yang kecil.

Itu semua saya terapkan pada toko kami untuk memberikan pelayanan yang berbeda, untuk selalu di ingat oleh client-client kami, kami berusaha men trade mark dan menciri kan bahwa hanya hasil kamilah yang berbeda di banding tempat servis lain di daerah kami.

Toko kami tidak memiliki marketing tools yang baik, kami hanya mengandalkan sambungan-sambungan “mulut” dari pelanggan kami yang terpuaskan oleh pelayanan dan hasil servis kami. Ya ... kami mengharapkan untuk selalu di ingat oleh konsumen kami, dan kembali ke toko kami untuk terus menggunakan jasa dan barang kami.