Hidup adalah amanah, Hidup merupakan perjalanan, dan hidup setelah nanti adalah tujuan ...
22 Desember 2007
Ciri Khas Bisnis Anda
Nilai merek yang Anda miliki senantiasa berubah. Setiap kali seorang pembeli membangun hubungan dengan perusahaan Anda, persepsinya tentang merek Anda bisa naik atau turun.
Semakin jelas dan terus terang kelebihan produk Anda, semakin besar kemungkinan Anda membangun sebuah posisi merek dalam benak pembeli. Dalam dunia otomobil, ada banyak merek; tetapi, hanya ada sedikit merek terkenal yang memiliki asosiasi dengan satu manfaat.
Merek Mobil Berorientasi Manfaat
o BMW – berkendara
o Volvo – keamanan
o Mercedes – mesin
o Toyota dan Honda – keandalan
o Ferrari – kecepatan
Bandingkan merek-merek di atas dengan kendaraan seperti Ford, Chevrolet,dan Chrysler, yang merupakan mobil umum untuk semua kalangan.
Cermati bisnis Anda. Ketika pembeli mendengar nama perusahaan Anda, apa kesan utama yang muncul dalam benak mereka? Kesan utama apa yang Anda inginkan muncul dalam benak seseorang? Jawaban atas pertanyaan kedua adalah Manfaat Nyata Produk Anda.
Di Cincinnati, ada seseorang pria yang mengerti fokus. Namanya, Ken Eilers. Dia adalah “manusia kaca”. Dia memperbaiki kaca gedung. Dia tidak memperbaiki pintu, jendela atau kusen jendela. Ken dan perusahaan unik screen mobile miliknya hanya memperbaiki kaca. Menurut Ken konsepnya sederhana saja: “saya tak ingin membandingkan diri dengan seorang ahli bedah otak. Akan tetapi, jika Anda hanya mengerjakan satu bidang, Anda cenderung menjadi seorang ahli.” Atas keahlianya, untuk memakai jasa Ken, pelanggan harus memesan berbulan-bulan sebelumnya.
Demikian sebagian kutipan isi dari buku Doug Hall, ilmu pasti bisnis
Dapatkah kita membangun dan menjalankan bisnis seperti itu, memfokuskan bisnis pada keahlian kita, kalaupun suatu saat bisnis yang telah terfokus tersebut sudah benar-benar berhasil dan sukses, mungkin selanjutnya kita dapat berekspansi memperluas jaringan usaha kita dalam bentuk “fokus” yang lain.
The power of Mind Share
“Inti dari penguasaan pasar adalah bagaimana kita menguasai benak konsumen. Tidak mengherankan apabila seringkali ditekankan bahwa positioning yang sebenarnya bukanlah pada posisi produk di pasar, tetapi pada posisi produk dalam benak konsumen. Bagaimana kita ingin diingat oleh konsumen, itu yang menjadi inti dari penguasaan mind share“