22 Desember 2007

Ciri Khas Bisnis Anda

Semakin memfokuskan diri melakukan satu upaya saja dengan baik, semakin besar kemungkinan sukses yang bakal Anda raih. Fokus juga mendongkrak Anda dari pedagang barang atau layanan apa adanya ke tingkat sebuah merek. Sebagai sebuah merek, anda memperoleh rasa hormat pembeli atas keahlian Anda dalam bidang tertentu. Karena keahlian yang Anda miliki, kemungkinan besar pembeli mencoba produk baru Anda dan kemungkinan besar juga akan mengulangi pembelian atas produk atau layanan Anda. Yang juga penting untuk diperhatikan, sebagaimana yang sudah dijelaskan di muka, pembeli lebih bersedia mengeluarkan banyak uang kepada seorang ahli.

Nilai merek yang Anda miliki senantiasa berubah. Setiap kali seorang pembeli membangun hubungan dengan perusahaan Anda, persepsinya tentang merek Anda bisa naik atau turun.

Semakin jelas dan terus terang kelebihan produk Anda, semakin besar kemungkinan Anda membangun sebuah posisi merek dalam benak pembeli. Dalam dunia otomobil, ada banyak merek; tetapi, hanya ada sedikit merek terkenal yang memiliki asosiasi dengan satu manfaat.

Merek Mobil Berorientasi Manfaat
o BMW – berkendara
o Volvo – keamanan
o Mercedes – mesin
o Toyota dan Honda – keandalan
o Ferrari – kecepatan
Bandingkan merek-merek di atas dengan kendaraan seperti Ford, Chevrolet,dan Chrysler, yang merupakan mobil umum untuk semua kalangan.

Cermati bisnis Anda. Ketika pembeli mendengar nama perusahaan Anda, apa kesan utama yang muncul dalam benak mereka? Kesan utama apa yang Anda inginkan muncul dalam benak seseorang? Jawaban atas pertanyaan kedua adalah Manfaat Nyata Produk Anda.

Di Cincinnati, ada seseorang pria yang mengerti fokus. Namanya, Ken Eilers. Dia adalah “manusia kaca”. Dia memperbaiki kaca gedung. Dia tidak memperbaiki pintu, jendela atau kusen jendela. Ken dan perusahaan unik screen mobile miliknya hanya memperbaiki kaca. Menurut Ken konsepnya sederhana saja: “saya tak ingin membandingkan diri dengan seorang ahli bedah otak. Akan tetapi, jika Anda hanya mengerjakan satu bidang, Anda cenderung menjadi seorang ahli.” Atas keahlianya, untuk memakai jasa Ken, pelanggan harus memesan berbulan-bulan sebelumnya.

Demikian sebagian kutipan isi dari buku Doug Hall, ilmu pasti bisnis

Dapatkah kita membangun dan menjalankan bisnis seperti itu, memfokuskan bisnis pada keahlian kita, kalaupun suatu saat bisnis yang telah terfokus tersebut sudah benar-benar berhasil dan sukses, mungkin selanjutnya kita dapat berekspansi memperluas jaringan usaha kita dalam bentuk “fokus” yang lain.

Tidak ada komentar: